BERITA PEMDA

Siswa Antusias Sambut Perpustakaan Keliling

   KOTAWARINGIN LAMA- Kunjungan mobil perpustakaan keliling milik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) ke sejumlah SD di Kecamatan Kotawaringin Lama (Kolam) mendapat sambutan antusias dari pelajar.

   Kasi Pembinaan Perpustakaan DPKD Kobar Gusti Ilham yang turun langsung membawa mobil perpustakaan keliling mengaku puas dan bangga karena para pelajar punya minat baca tinggi.

   “Minat baca anak-anak di Kecamatan Kotawaringin Lama cukup tinggi, ini dapat kita lihat dari antusiasnya mereka di setiap sekolah yang kami kunjungi,” katanya di sela melayani pelajar di SDN 1 Kotawaringi Hulu, Selasa (25/7).

   Di Kecamatan tertua di Kabupaten Kobar ini, perpustakaan keliling menyambangi enam desa. Karena Desa Rungun dan Desa Kondang dilanda banjir, kunjungan dialihkan ke SDN 2 Kotawaringin Hilir dan SDN 1 Kotawaringin Hulu.

   “Kunjungan ke kecamatan ini, kita hanya terkendala akses jalan dan untuk kunjungan kali ini saja harus memutar lewat Kabupaten lamandau,” tambah Iljam, pustakawan perpustakaan keliling DPKD Kobar.

    Dalam kunjungan perpustakaan keliling kali ini membawa 700 eksemplar buku dari bermacam jenis buku seperti fiksi, enseklopidi, biografi dan lainnya. Adapun SD yang dikunjungi mobil perpustakaan keliling adalah SDN 1 Babual Baboti, SDN 1 tempayung, SDN 2 Kotawaringin Hilir, SDN 1 Kotawaringin Hulu, SDN 1 Riam Durian, dan SDN 1 Sagusukamulya.

   Sementara itu sejumlah pelajar mengaku senang adanya kunjungan mobil perpustakaan keliling. Habil, murid kelas 6 SDN Kotawaringin Hulu, berharap setiap bulan ada kunjungan perpustakaan keliling.

   Pernyataan serupa juga diutarakan Afra dan Fikri murid kelas 5. Membaca koleksi buku perpustakaan keliling banyak pilihan. Selain berhubungan dengan pelajaran, juga ada komik.

   Kunjungan perpustakaan keliling DPKD juga mendapat dukungan dari guru, Endah Catur Riana mengatakan, kunjungan seperti ini cukup baik untuk mengguganh minat baca pelajar.

  “Sepertinya di perpustakaan sekolah juga ada koleksi buku tetapi dengan suasana lain, murid cukup antusias dan alangkah baiknya kunjungan perpustakaan keliling dijadwalkan rutin dan pihak sekolah diberitahu sehingga kedatangan perpustakaan keliling tidak berbenturan dengan kegiatan yang terjadwal di sekolah,” tandasnya.

 

(PANGKALAN BUN, Kamis 27 Juli 2017)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *