BERITA PEMDA

Susun RPJMD-Renstra Kobar

Bupati

Harapkan

Paling Lambat

Ditetapkan

21 November

  PANGKALAN BUN- Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar focus group discussion (FGD) II penyusunan rencana pembangunan jangka menengah (RPJMD) dan rencana strategis (Renstra) SKPD tahun 2017-2022. Kegiatan dihadiri langsung oleh Bupati Kobar, Hj Nurhidayah di Aula Bappeda, Senin (24/7).

  Bupati Kobar Hj Nurhidayah mengatakan, sama seperti FGD I beberapa waktu lalu, kegiatan ini merupakan kali pertama dilaksanakan secara mandiri oleh Bappeda Kabupaten Kobar. Ia berharap sesuai dengan amanat undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah, pasal 246 RPJMD kabupaten/kota ditetapkan paling lama enam bulan setelah kepala daerah terpilih dilantik.

  “Dengan demikian saya berharap selambat-lambatnya RPJMD Kabupaten Kobar Tahun 2017-2022 ditetapkan tanggal 21 November tahun 2017,” kata Hj Nurhidayah, Senin (24/7).

    Ia menjelaskan, penyusunan RPJMD dan Renstra satuan kerja perangkat daerah Kabupaten kobar tahun 2017-2022 harus membuat arah kebijakan keuangan daerah, strategis embangunan daerah, kebijakkan umum dan program satuan kerja perangkat daerah, lintas satuan kerja perangkat daerah dan program kewilayahan yang sertai dengan rencana kerja dalam kerangka regulasi dan pendanaan yang bersifat indikatif.

    “Maka kebijakkan penyelanggaraan pemerintah daerah harus disampaikan, dibahas dan disepakati,” ujarnya.

     Menurutnya, hal ini penting agar pemerintah daerah dapat mencapai prioritas dan sasaran pembangunan daerah dalam upaya mewujudkan visi misi dan program-program bupati. Juga dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pencapaian program prioritas dan sasaran pembangunan jangka menengah nasional dan daerah provinsi yang ditetapkan dalam RPJMN dan RPJMD provinsi.

    “Dalam rangka mensinergikan visi gerakan membangun Kobar menuju kejayaan dengan kerja nyata dan okhlas yang tertuang dalam enam misi,” imbuhnya.

     Kemudian, lanjutnya, program strategis dan unggulan Kabupaten kobar juga tertuang dalam RPJMD tahun 2017-2022. Kebijakkan umum program bupati adalah pembangunan Kabupaten Kobar meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan semua sektor.

    “Seluruh SKPD dapat menganalisa secara komperhensif terkait kondisi daerah untuk digunakan sebagai bahan kebijakkan penyusunan RPJMD, sesuai dengan program-program dan visi misi bupati yang telah ditetapkan,” tukasnya.

 

(KALTENG POS, Selasa 25 Juli 2017)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *