BERITA PEMDA

Pemkab Diminta Bereskan Tata Batas Desa

 PANGKAlAN BUN- Masih belum tuntasnya tata batas antar desa/kelurahan di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) dikhawatirkan menimbulkan persoalan baru. Seiring perkembangan daerah dan peningkatan jumlah penduduk, tata batas antar desa/kelurahan wajib dibereskan. Hal ini disampaikan Fraksi PDIP DPRD Kabupaten Kobar dalam rapat paripurna baru-baru ini.

  Melalui juru bicara Siti Mukaromah, fraksi PDIP menegaskan agar pemerintah merampungkan masalah tata batas. Sebagai contoh antara batas Desa Pasir Panjang dengan Tanjung Terantang  juga belum clear.

  Tentu tidak mudah, namun jalan utama yang harus diambil yaitu melalui proses musyawarah. Seperti persoalan tata batas di desa, Pemerintah desa harus memfasilitasi itu supaya ada titik temu. Jika tidak selesai di tingkat desa, maka diselesaikan ke tingkat kecamatan. Apabila belum terselesaikan juga, jalan terakhir yakni melalui bupati.

   Sementara Kepala Bagian Pemerintahan dan Otda Rodi Iskandar menegaskan bahwa seluruh wilayah desa di Kabupaten Kobar, hingga kini belum memiliki tata batas desa dan kelurahan yang definitif, sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 45 Tahun 2016 tentang Penetapan dan penegasan Batas Desa. “belum ada satu desa pun yang tata batas definitifnya selesai sesuai Permandagri nomor 45 tahun 2016, yang mengamanatkan tata batas desa dituangkan dalam peraturan bupati,” paparnya.

    Sementara ini, tata batas desa dan kelurahan baru sebatas kesepakatan antara desa dan kelurahan yang berbatasan, tetapi belum dalam aspek legalitas hukum yang dituangkan dalam Perbup.

     Dirinya menjelaskan, sepuluh atau dua puluh tahun yang lalu batas desa dan kelurahan tidak bermasalah. Tetapi seiring kemajuan zaman dan tumbuhnya investasi sementara tanah tidak bertambah namun masyarakat bertambah, konflik tata batas kedepannya akan banyak terjadi.

     Tim tata batas Kabupaten Kobar pada tahun 2017 ini akan mengejar target penyelesaian tata batas desa dan kelurahan, termasuk penyelesaian tata batas kabupaten.

 

(PANGKALAN BUN, Senin 12 Juni 2017)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *