BERITA PEMDA

Pemkab Sidak Daging Potong

  PANGKALAN BUN-Belum lama ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pasar. Sidak tersebut untuk memastikan daging-daging yang dijual di pasaran memang benar-benar melalui proses pemotongan di rumah potong hewan (RPH).

   “Ini untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat yang berkaitan dengan kehalalan dan kesehatan daging. Selain itu tidak memotong hewan betina produktif,” kata Wakil bupati Kobar, Ahmadi Riansyah disela-sela sidak Pasar Tembaga Indah.

    Selain itu, sidak itu juga bertujuan memastikan harga jual daging di pasar stabil. Sementara harga eceran tertinggi (HET) yang sudah ditetapkan yakni Rp 125 ribu per kilogramnya. Sidak juga sekaligus melakukan pengecekan kesehatannya, sura dan harga.

    “Hasilnya bisa dipastikan daging yang beredar di pasar adalah daging yang sehat dan halal karena semuanya dipotong di RPH,” ujarnya.

     Ia menambahkan, sidak ke pasar juga mendapatkan kabar yang cukup baik, karena harga komoditas bawang putih yang sebelumnya melonjak, sehingga menyumbang inflasi daerah, saat ini sudah menurun.

     “Harga bawang putih cukup stabil di kirasan Rp 50 ribu per kilogramnya,” ucap Ahmadi.

 

(KALTENG POS, Senin 12 Juni 2017) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *