Press Release

Wujudkan Ketahanan Pangan lewat Pelatihan Hidroponik

Sebagai upaya untuk mewujudkan ketahanan pangan, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kotawaringin Barat (Kobar) menyelenggarakan Pelatihan Kelompok Afinitas di Desa Mandiri Pangan (Demapan) . Kegiatan ini telah dimulai sejak tanggal 12 April 2017 lalu, dan dimulai di Desa Kumpai Batu Bawah untuk selanjutnya akan di adakan di 11 Desa lainnya di seluruh kecamatan di Kobar.  Pembukaan Pelatihan yang dibuka oleh Plt. Kepala DKP Kobar, Ir. Ida Pandanwangi di Gedung Balai Desa Kumpai Batu Bawah ini mengambil tema hidroponik.  Pelatihan hidroponik yang memiliki arti budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan lahan tanah dalam pemenuhan kebutuhan nutrisi tanaman ini diharapkan akan semakin memberdayakan kelompok afinitas di Kobar.  Selain itu juga diharapkan menjadi salah satu pemicu kesadaran masyarakat akan kemandirian pangan yang bisa dimulai dari home farming dengan memanfaatkan sistem bercocok tanam hidroponik tersebut.

Kelompok afinitas merupakan kelompok penerima manfaat program pengembangan desa mandiri pangan (Demapan).  Kelompok ini diarahkan untuk menjadi kelompok yang lebih produktif guna meningkatkan kesejahteraan anggotanya melalui pemberdayaan anggota kelompok.  Di beberapa lokasi Demapan terdapat kelompok-kelompok afinitas yang mempunyai spesifikasi kegiatan yang berbeda-beda tergantung dengan kondisi wilayah setempat.

Antusiasme peserta begitu terlihat saat Nurul Huda, SP., selaku narasumber pelatihan Hidroponik ini memberikan penjelasan.  Dengan bahasa ringan dan mudah dimengerti, narasumber memberikan penjelasan teoritis terkait hidroponik.  Dari mulai definisi hidroponik, metodebudidaya, kebutuhan nutrisi tanaman hingga keunggulan menggunakan sistem bercocok tanam ini. Kegiatan ini semakin menarik saat Narasumber memperlihatkan teknik bercocok tanam hidroponik baik melalui video maupun praktik bersama secara langsung.  Setiap peserta yang telah dibagi dalam kelompok kemudian dibimbing langsung dalam penyiapan alat dan bahan, penyemaian, penanaman, pemberian larutan nutrisi dan panen.  Tak lupa juga narasumber menyelipkan beberapa tips sederhana agar kelompok afinitas yang terlibat dalam pelatihan ini berhasil dalam teknik bercocok tanam hidroponik tersebut.

Ir. Ida Pandanwangi selaku Plt. Kepala DKP Kobar saat memberikan sambutan dalam acara ini menyatakan harapannya agar keberadaan SOPD baru yaitu Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Kotawaringin Barat ini akan dapat memberikan kontribusi positif dalam membangun sistem pangan daerah baik ketersediaan, distribusi hingga konsumsi dan keamanan pangannya.  Selain itu beliau menghimbau agar masyarakat memahami konsep konsumsi pangan sehat yang tidak hanya terdiri dari protein dan karbohidrat, namun juga serat dan vitamin.  “Saya berharap pelatihan hidroponik ini akan memberikan dampak positif dalam menjaga ketersediaan pangan di desa Kumpai Batu Bawah”, tambah beliau.

Pada saat yang sama, Kepala Bidang (Kabid) Ketersediaan dan Kerawanan Pangan DKP Kobar, Ir. Edy Heriansyah menerangkan, “Pelatihan Hidroponik ini selain dilaksanakan di Desa Kumpai Batu  Bawah, juga dilaksanakan di Desa Natai Raya pada tanggal 13 April 2017 dan Desa Bungur pada tanggal 17 April 2017.  Sementara desa-desa lainnya seperti Sulung Kenambui, Sebuai, Pangkalan Satu, Pangkalan Banteng, Kumpai Batu Atas, Tanjung Terantang, Sulung, Natai Baru, Sebuai Timur dan Kelurahan Baru akan menyusul hingga akhir tahun 2017”.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *