BERITA PEMDA

Kobar Berpeluang Raih Adipura ke 11

Pangkalan Bun-

Kab Kobar berpeluang besar kembali memperoleh piala Adipura . Peluang ini diketahui ketika tim verifikasi penilaian terhadap beberapa detik pantau. Adapun titik panatau yang dinilai oleh tim verifikasi adalah Tempat Pembungan Akhir (TPA) sampah, Pasar Indasari dan Indakencana baantaraan sungai Arut. Selain itu juga melaukan pemantauan diselter aliran Sungai Buun serta Bank-bank sampah.

“Dari hasil-hasil secara umum disampaikan bahwa nilai Pangkalan Bun cukup menjanjikan dan memungkinkan pada tahun 2017 ini kota pangkalan bun akan kembali meraih Adipura ke 11,” kepla Dinas (DLH) Fahrizal Fitri. Dijelaskan lebih lanjut bahwa tahapan setelah setelah verifikasi penilaian adalah pemaparan kepala daerah di depan Dewan Pertimbangan Adipura. Selain itu akan di paparkan juga seberapa banyak hotspot yang terjadi di Kotawaringn Barat.

“Best line atau basis data yang digunakan adalah hotspot di 2015, 2016 dan 2017, ini trennya yang dilihat bagaimana perbandingan jumlah hotspot dan tahun inikami monitor tidak ditemui adanya hotspot di Kobar, mudahan dengan dukungan semua pihak Adipura Kirana bisa kita bawa pulang,” tegas Fahrizal.

Selain itu keunggulan lainny adalah dari sisa pembusukan itu ada air lindi yang diproses melalui IPAL yang menetralisir racun, sehingga ketika mengalir kelingkungan masyarakat sudah aman. “Jadi konsep Sanitary Landfiil sudah sejauh itu,”kata fahrizal Fitri.

Saat ini menurut Fahrizal , di TPA juga sudh dibangun unit pengelolaan sampah yaitu pencacahan plastic, sehingga diharapkan dengan unit ini dapat mengurangi sampah. “Kita juga mengembangkan sampah-sampah organik yang kita memanfaatkan menjadi kompos. itulah keunggulan dari TPA kita dan menjadi penyumbang nilai Adipura.

 

(Sumber palangka post edisi 21 april 2017)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *