BERITA PEMDA

TANGANI 24 PENDERITA GANGGUAN JIWA

PANGKALAN BUN-  Penderita gangguan jiwa terus bertambah. Puskesmas Sungai Rangit Kecamatan Kumai dalam setahun terakhir menangani 24 penderita gangguan jiwa. ” Jumlah masyarakat yang mengalami gangguan jiwa yang kita tangani ada 24 orang” kata Kepala Puskesmas Sungai Rangit Abet Nego. 

Para penderita gangguan jiwa ini di rujuk ke RRSI Pangkalan Bun dan ada juga yang direhabilitasi ke Banjarmasin Kalimantan Selatan. “Program ini memang inisiatif puskesmas karena melihat banyaknya warga desa yang menderita gangguan jiwa dan mulai meresahkan warga sekitar” uangkap Abet Nego. 

Puskesmas tersebut memiliki dua dokter umum dan satu orang perawat dalam menangani penderita gangguan jiwa. Mereka di bantu pemerintah dinas kesehatan dalam proses pengobatan serta rehabilitasi. ” Untuk obat-obatan kami serahkan ke Dinas kesehatan Kotawaringin Barat, dan rehabilitas dibantu Dinas Sosial Kobar. Kalau Pemerintah desa, kadang dari anggaran untuk oprasional saat mengantar pasien” katanya .

Puskesmas akan menyediakan ruang khusus penanganan penderita gangguan jiwa tahun ini. “Setelah kami tangani setahun lalu, di wilayah kerja puskesmas Sungai rangit , semua penderita gangguan jiwa tertangani dan tidak ada yang terlantar” ktanya. 

(sumber : Radar Pangkalan Bun Edisi 26 Febuari 2017) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *