BERITA PEMDA

Plt. Bupati Menjabat Hingga Akhir 2016

Masa jabatan Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) akan berakhir pada tanggal 30 Desember 2016. Dan saat ini jabatan itu di pegang oleh Pelaksana Tugas (Plt) Bupati yakni Nurul Edy yang bertugas sejak 28 Oktober 2016 tadi.

Plt. Bupati Kobar Nurul Edy mengatakan, dirinya menggantikan Bupati Kobar definitif yang melaksanakan cuti di luar tanggungan negara dalam rangka kampanye Pemilihan Bupati (Pilgub). Hal ini mengacu Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 74 tahun 2016 yang menyatakan bahwa selama Bupati melaksanakan cuti di luar tanggungan negara, maka Menteri Dalam Negeri menunjuk Pelaksana Bupati.

“Plt Bupati mempunyai tugas memimpin pelaksana urusan pemerintah yang menjadi kewenangan daerah berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan  dan kebijakan yang ditetapkan bersama DPRD. Hal itu juga memelihara ketenteraman dan ketertiban masyarakat memfasilitasi penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kobar, serta menjaga Pegawai Negeri Sipil,” terangnya. Disela memberikan arahan saat upacara berlangsung.

Selain itu lanjutnya, Plt. Bupati juga memiliki wewenang menandatangani Perda tentang APBD dan Perda tentang organisasi Perangkat Daerah setelah mendapat persetujuan tertulis dari Menteri Dalam Negeri.

Dalam upacara tersebut dirinya juga menyampaikan pesan Gubernur Kalimantan Tengah agar seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Kobar, tetap menjaga suasana kondusif dalam menyambut pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 15 Februari 2017 yang akan datang.

“Agar selalu berkoordinasi dengan membangun komunikasi yang efektif dalam semua komponen masyarakat Kobar, sehingga tercipta suasana yang tertib. Dan pada saat pilkada seluruh masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya dengan baik secara langsung, umum, bebas dan rahasia,” papar mantan Kepala Kesbangpol Provinsi Kalteng ini.

Selain itu Plt. Bupati Kobar mengharapkan, ASN di lingkup Pemkab Kobar agar menjaga netralitas pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kobar, sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.

Di sisi lain dirinya juga berpesan, agar semua pihak di Kobar tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap peredaran narkoba serta memerangi penyalahgunaan  narkoba. Hal itu mengingat, penggunaan narkoba terbukti telah merusak generasi muda dan masa depan bangsa dengan daya rusaknya yang luar biasa. (sumber radar sampit, 1 November 2016)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *