Press Release

Bambang : Kelola Kesehatan dengan Menyertakan Masyarakat dan Stakeholder

Humas Press Release

Pembangunan kesehatan merupakan suatu investasi untuk peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Kesehatan juga merupakan investasi untuk pembangunan ekonomi sekaligus berperan penting dalam penanggulangan kemiskinan. Hal ini ditegaskan Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Bambang Purwanto, S.ST, M.H., pada rapat evaluasi program kesehatan kabupaten Kobar yang diadakan di Aula Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) selama dua hari dan dibuka pada Rabu (28/9/2016). Acara yang diikuti oleh seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kobar terkait ini juga dihadiri oleh anggota komisi A DPRD Kobar dan juga para ketua organisasi kesehatan. Rapat ini merupakan bagian dari Pemkab Kobar untuk senantiasa mengevaluasi program pembangunan kesehatan yang telah dilaksanakan.

Bambang menjelaskan secara umum program kesehatan yang telah berjalan dirasa telah berhasil meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Beberapa indikasi keberhasilan tersebut terbukti dengan diraihnya beberapa penghargaan di bidang kesehatan bagi Pemkab Kobar. Seperti juara pertama nasional lomba sekolah sehat tingkat SLTP, penilaian nominasi puskesmas berprestasi nasional untuk puskesmas Arut Utara, juara pertama untuk puskesmas berprestasi tingkat provinsi serta berbagai penghargaan lainnya. “Saya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya dan terima kasih kepada jajaran kesehatan yang tetap semangat dan menjaga profesionalisme dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat,” kata Bambang.

Namun demikian Bambang juga mengingatkan bahwa masih terdapat beberapa “pekerjaan rumah” . “Sampai saat ini masih dijumpai berbagai masalah dan hambatan yang dapat mempengaruhi pelaksanaan pembangunan kesehatan. Setidaknya terdapat dua kelompok masalah kesehatan masyarakat yang masih tetap menjadi “pekerjaan rumah” kita, yaitu penyakit infeksi endemis yang belum terkendali sepenuhnya dan penyakit atau gangguan kesehatan yang berpotensi muncul di Negara kita,” jelas Bambang. Namun Bambang mengajak seluruh pihak terkait untuk bersama-sama merapatkan barisan . “Dengan semangat baru dan suatu konsolidasi yang mantab, kita akan mampu mengelola dan mengendalikan dengan efektif dan efisien,” lanjut Bambang.

Bambang menambahkan, jika bidang kesehatan merupakan salah satu bidang pembangunan prioritas yang mempunyai arah dan indikator pembangunan yang sangat jelas. Indikatornya dapat terlihat jelas karena dioperasikan melalui standar pelayanan minimal yang tertata. “Apabila tatanan ini dikelola dengan baik dengan menyertakan masyarakat dan stakeholder kesehatan, kita semua yakin target-target pembangunan dapat dicapai dengan mudah,” jelas Bambang. (Humas, 28 September 2016)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *