Press Release

Salurkan Alsintan Untuk Mencapai Swasembada Pangan

Humas Press Release

Dalam rangka mendukung swasembada pangan nasional, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) menyalurkan alat dan mesin pertanian (alsintan) kepada para petani. Sejumlah 14 hand tractor dan 3 mesin pompa air diserahkan Bupati Kobar Bambang Purwanto, S.ST, MH kepada perwakilan kelompok tani yang hadir di halaman Kantor Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kobar pada Selasa (27/9/2016). Penyerahan alsintan yang berasal dari dana APBN tahun anggaran 2016 ini disaksikan langsung oleh Anggota komisi IV DPR RI Hamdani.

Bambang Purwanto dalam sambutannya menjelaskan ini adalah bagian dari komitmen Pemkab Kobar untuk memfasilitasi kebutuhan para petani akan keberadaan alsintan. “Sejalan dengan pesatnya perkembangan teknologi di bidang pertanian serta meningkatnya permintaan alsintan oleh para petani, sedangkan disisi lain harga alsintan umumnya masih belum terjangkau oleh para petani. Untuk itu pemerintah berupaya memfasilitasi para petani dengan penyediaan alsintan untuk membantu para petani,” kata Bambang. Bupati menambahkan pengadaan alsintan ini akan membawa dampak bagi peningkatan produksi tanaman pangan seperti padi, jagung dan kedelai (pajale). Selain itu pengadaan alsintan ini juga dipercaya mampu mengatasi kekurangan tenaga kerja di bidang pertanian pangan.

Salah satu strategi peningkatan produksi pertanian adalah dengan penyempurnaan manajemen teknis yang diantaranya ialah percepatan pengolahan tanah dan penanaman secara serentak. Untuk itu Bamabng meyakini jika peralatan pertanian memiliki peran sangat penting dalam upaya mencapai swasembada pangan. “Penggunaan alsintan dalam kegiatan usaha tani dapat memberikan mutu hasil yang lebih baik sekaligus menjamin hasil lebih efisien dan efektif, selain itu pemanfaatan alsintan sekaligus menjawab permasalahan kelangkaan tenaga kerja di sektor pertanian yang banyak terjadi di daerah,” kata Bambang.

Bambang juga menjelaskan Kobar telah berkomitmen untuk mendukung swasembada pangan nasional dengan menerapkan beberapa program di bidang pertanian. Diantaranya ialah perlindungan lahan pertanian terhadap upaya alih fungsi lahan, perbaikan jaringan irigasi, pengembangan padi sawah 800 hektar serta pengembangan dan pendayagunaan bantuan alsintan kepada para petani. Bambang juga berpesan kepada para petani agar selalu meningkatkan keperdulian terhadap ketersediaan pangan karena hal itu merupakan kebutuhan utama. Selain itu Bambang juga meminta kepada para petani agar senantiasa berkoordinasi dengan para penyuluh pertanian dalam pelaksanaan kegiatan produksi pangan. (Humas, 28 September 2016)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *