Press Release

Pangkalan TNI AL Akan Hadir di Kobar

Humas Press Release

Selain menghibahkan tanah untuk Kantor Basarnas, Pemkab Kobar juga menyerahkan tanah kepada TNI Angakalan Laut (AL) untuk dimanfaatkan sebagai pangkalan TNI AL. Dalam acara serah terima yang berlangsung di dermaga pelabuhan Panglima Utar pada Kamis (15/9/2016) tersebut ditandai dengan penandatanganan berita acara penyerahan oleh Bupati Kobar Bambang Purwanto, S.ST, MH dengan Komandan Pangkalan TNI AL Banjarmasin Letkol Oky Dipura. Tanah seluas 22.000 meter persegi ini nantinya akan dimanfaatkan oleh TNI AL sebagai Pangkalan TNI Angkatan Laut.

Komandan TNI AL Banjarmasin Letkol Oky Dipura mengatakan hibah tanah dari Pemkab Kobar ini sinergis dengan rencana strategis (Restra) TNI AL 5 tahun ke depan. Hibah tanah dari Pemkab Kobar ini selanjutnya akan ditindaklanjuti dengan dilakukannya pembangunan pangkalan TNI AL. Oky menjelaskan keberadaan pangkalan TNI AL di Kumai nantinya akan memiliki kualifikasi tipe C yang mendekati pangkalan TNI AL di Banjarmasin yang bertipe B. “ Hal ini didasarkan dari pendekatan aspek keamanan,” kata Oky. Oky menambahkan pembangunan Pangkalan TNI AL di Kumai ini adalah tidak lepas dari upaya peningkatan kekuatan dalam bidang kemaritiman. “Sesuai dengan instruksi pimpinan kita, bahwa Indonesia diarahkan untuk menjadi poros maritim dunia, ini adalah tugas berat yang mana bukan dalam lingkup nasional saja, namun di lingkup internasional, “ lanjut Oky.

Bupati Kobar Bambang Purwanto, S.ST, MH., meyakini jika keberadaan Pangkalan TNI AL di perairan Kobar nantinya akan sangat membantu pelaksanaan tugas pengamanan dan penyelamatan bagi masyarakat. “Kobar ini letaknya sangat strategis, panjang garis pantai yang dimiliki Kobar adalah 178 km, oleh karena itu keberadaan TNI AL di wilayah Kobar ini sangat diperlukan,” kata Bambang. Bambang juga berharap ke depan dengan adanya pangkalan TNI AL , wilayah perairan Kobar juga akan semakin aman. (Humas, 20 September 2016)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *