Press Release

Pemkab Kobar Hibahkan Sebidang Tanah Untuk Kantor SAR

Humas Press Release

Untuk menunjang kelancaran kegiatan operasional Pos SAR Banjarmasin di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kobar menghibahkan aset tanah kepada Badan SAR Nasional (BASARNAS) Kantor Pos Banjarmasin. Tanah seluas 7.923 m2 yang terletak di jalan utama Pasir Panjang tersebut nantinya akan dibangun Kantor Pos SAR Basarnas. Seremoni serah terima hibah tanah tersebut ditandai dengan penandatanganan berita acara penyerahan oleh Bupati Kobar Bambang Purwanto, S.ST, MH dengan Kepala SAR Banjarmasin Abram B. Kolimon. Kegiatan yang berlangsung di dermaga Panglima Utar Kumai pada Kamis (15/9/2016) tersebut disaksikan juga oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kobar , kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab Kobar serta beberapa tokoh masyarakat.

Bambang Purwanto mengatakan bahwa ini adalah bentuk komitmen Pemkab Kobar dalam menunjang pelayanan kepada masyarakat khususnya di bidang operasional penyelamatan. “Saya berharap kehadiran kantor Pos Basarnas di Kobar nantinya akan menunjang kelancaran kegiatan operasional penyelamatan.” Bambang juga menjelaskan beberapa kejadian kecelakaan lalu lintas yang terjadi di wilayah Kobar sebelumnya, seperti musibah jatuhnya pesawat Air Asia dan juga tenggelamnya kapal Senopati, apabila ada Pos Basarnas di Kobar, maka akan sangat membantu dalam hal penyelamatan. “Mengingat juga kondisi lalu lintas yang dari dan menuju Kobar yang cukup padat, maka keberadaan Pos Basarnas sangat diperlukan untuk mengantisipasi berbagai hal yang akan terjadi”, lanjut Bambang.

Sementara itu Kepala SAR Banjarmasin Abram B. Kolimon mengapresiasi atas hibah tanah dari Pemkab Kobar ini. “Kami berterima kasih kepada Bupati beserta seluruh jajarannya, yang telah merespon dengan sangat baik proposal kami terkait pengadaan lahan untuk kantor Pos Basarnas,” kata Abram. Abram juga mengatakan ke depan akan siap dalam membantu semua unsur yang ada dalam hal operasi penyelamatan di wilayah Kobar. Abram menjelaskan saat ini telah ada 1 unit kapal 12 m yang saat ini disiagakan di pelabuhan di perairan sungai Arut Pangkalan Bun. Apabila dibutuhkan nantinya unit kapal ini akan siap digeser ke perairan Kumai. (Humas, 20 September 2016)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *