Press Release

FORUM GABUNGAN SKPD

FORUM GABUNGAN SKPD
Aula Bappeda, 3 Maret 2014

Buka ruang partisipasi dalam proses pembangunan Kobar
Masing-masing delegasi dari 6 kecamatan yang ada di kabupaten Kotawaringin Barat hadir dalam kegiatan Forum Gabungan SKPD tahun 2014. Sebagaimana amanat undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 Tentang Sistem perencanaan Pembangunan Nasional bahwa mekanisme perencanaan pembangunan secara hirarkis antar tingkat pemerintahan dari desa maupun kecamatan di tingkat kabupaten, provinsi maupum nasional haruslah sinergis. Forum yang diselenggarakan di Aula Bappeda pada hari Senin, 3 Maret 2014 ini dipimpin langsung oleh Bupati Kotawaringin Barat DR. H. Ujang Iskandar, ST, M.Si.
forum ini dianggap sebagai media strategis untuk berkomunikasi antara delegasi kecamatan dengan SKPD di tingkat Kabupaten. Melalui forum ini, kecamatan dapat mengawal perencanaan pembangunan yang telah disusun melalui Musrenbang Tingkat Kecamatan yang telah disusun. Dimana usulan di masing-masing kecamatan akan dirumuskan menjadi program dan kegiatan SKPD. Forum ini sebagai upaya dalam melaksanakan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance), dimana pemerintah dituntut untuk melaksanakan proses pembangunan daerah secara akuntabel, transparan dan partisipatif.

Dalam sambutannya Bupati Kobar memaparkan Visi dan Misi Pembangunan Kabupaten Kotawaringin Barat serta Tujuan dan Sasaran, Arah Kebijakan, Strategi dan Program beserta Target kinerja dibahas secara detail bersama seluruh SKPD. ” Saya ingin menekankan bahwa sinergitas dan harmonisasi dalam pelaksanaan pembangunan yang dimulai dari proses perencanaan sangat diperlukan, baik antar sektor, antar ruang dan antar tingkat pemerintahan maupun antar sumber dana.”
Bupati menyatakan bahwa semangat yang ingin ditampilkan dalam Visi dan Misi Pembangunan Daerah Kotawaringin Barat Tahun 2012-2016 adalah Kesejahteraan, Keadilan dan Kejayaan. Dengan semangat ini diperlukan tingkat koordinasi yang tinggi terhadap semua kegiatan pembangunan mulaiu tahap perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian.
Menutup sambutannya bupati berpesan agar setiap program kegiatan yang dilaksanakan bukanlah bersifat rutinitas semata, namun juga mempunyai impact atau dampak yang terukur terhadap kesejahteraan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *