Press Release

SMA 1 Raih Adiwiyata Nasional 2013

SMA 1 Raih Adiwiyata Nasional 2013

Monday, 20 January 2014 07:41
PRESS RELEASSE

SMA 1 Raih Adiwiyata Nasional 2013

SMA Negeri 1 Pangkalan Bun Raih Penghargaan ADIWIYATA Nasional Tahun 2013. Ini merupakan prestasi yang membanggakan buat Kabupaten Kotawaringin Barat mengingat SMA 1 Pangkalan Bun memperoleh peringkat ke-3 dari ratusan sekolah lain dari seluruh Indonesia. Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Kotawaringin Barat selama ini memang senantiasa melakukan sosialisasi dan pendampingan terhadap masyarakat, dalam rangka mendorong masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sadar akan kelestarian lingkungan, tidak terkecuali di lingkungan sekolah-sekolah yang ada di Pangkalan Bun.

Adiwiyata adalah salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Diharapkan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat dan menghindari dampak lingkungan yang negative. Untuk mencapai tujuan program ADIWIYATA, ditetapkan 4 (empat) komponen program yang menjadi satu kesatuan utuh dalam mencapai sekolah ADIWIYATA. Keempat komponen tersebut adalah : Kebijakan Berwawasan Lingkungan, Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Lingkungan, Kegiatan Lingkungan Berbasis Partisipatif, Pengelolaan Sarana Pendukung Ramah Lingkungan.

Kebijakan Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) telah disepakati pada tanggal 19 Februari 2004 oleh 4 (empat) Departemen yaitu Kementerian Lingkungan Hidup (KNLH), Departemen Pendidikan Nasional, Departemen Agama dan Departemen Dalam Negeri. Kebijakan ini sebagai dasar arahan bagi para pemangku kepentingan (stakeholders) dalam pelaksanaan dan pengembangan PLH di Indonesia serta sebagai salah satu solusi dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap pelestarian fungsi lingkungan hidup. Dalam upaya mempercepat pengembangan PLH khususnya jalur pendidikan formal pada jenjang pendidikan dasar dan menengah, maka pada tanggal 21 Februari 2006 telah dicanangkan PROGRAM ADIWIYATA, dengan tujuan mendorong dan membentuk sekolah peduli dan Berbudaya Lingkungan yang mampu berpartisipasi dan melaksanakan upaya pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan bagi kepentingan generasi sekarang maupun yang akan datang. (Bag. Humas Setda Kobar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *