BERITA PEMDA

Budidayakan Unggas di Setiap Desa

Program ketahanan pangan di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) terus ditingkatkan. Setelah berhasil menjalankan program ternak sapi-sawit, kini Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) setempat ingin mengembangkan budidaya unggas di setiap desa.
Kepala Distanak Kobar Rosihan Pribadi mengatakan, daerah ini juga mempunyai tugas yang berat dalam mewujudkan ketahanan pangan secara nasional. Karena itu, sedikit demi sedikit akan dicoba mengembangkan hal-hal kecil, seperti budidaya ternak unggas yang bisa dijumpai di pedesaan.
“Namun hal ini benar-benar dilakukan pendampingan secara baik, agar pengembangan ternak unggas ini mampu berjalan dengan baik. Kemudian diarahkan untuk usaha yang terintegrasi dengan masyarakat yang ada di pedesaan dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan daerah. Daging dan telur unggas itu sangat banyak diperlukan,” imbuhnya.
Pengembangan budidaya unggas juga diharapkan mampu menggerakkan ekonomi kerakyatan. Menurut Rosihan untuk program pengembangan setiap kelompok masyarakat peternak unggas tentu akan memperoleh stimulan bantuan sarana prasarana, mulai dari bibit ternak, peralatan, pakan dan sarana penunjang lain.
Bahkan selain dilengkapi dengan sarana produksi ternak yang memadai dalam upaya pengembangan ternak unggas ini bakal didampingi tim teknis dan petugas PPL. Harapannya agar pengembangan budidaya unggas dapat dicapai dan mengalami peningkatan dengan cara yang efektif.
“Terakhir pengembangan ternak unggas di Kobar diharapkan mencapai tujuan yaitu berkembangnya Kobar sebagai sentra produksi ternak unggas wilayah tengah, dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan daerah,” pungkas Rosihan. (sumber radar sampit, 1 Juni 2015)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *