BERITA PEMDA

Tingkatkan Kompetensi, Guru Diberi Keleluasaan

Agus Basrawiyanta

Agus Basrawiyanta

Seberapa banyak kemajuan pendidikan dan pengajaran selama ini, banyak bergantung kepada kepiawaian guru dalam menerapkan kompetensi standar. Hal itu yang kini wajib dimiliki setiap guru, termasuk kompetensi profesional.
Sekretaris Dinas Kependidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kobar Agus Basrawiyanta mengatakan, dalam pelaksanaan pembinaan profesionalisme guru, tidak hanya tugas dari Dinas Dikpora semata, peran kepala sekolah juga salah satu elemen penting.
“Jika guru sendiri tidak menginginkan untuk maju, walaupun berkali-kali mengikuti pembinaan dan pengembangan kompetensi maka tidak akan membuahkan hasil. Pengembangan kompetensi ini harus dimulai dari hati sanubari guru yang menginginkan untuk maju dan berubah kepada yang lebih baik. Selain itu juga peran serta dari kepala sekolah tempat guru mengajar,” paparnya kemarin.
Agus Basrawiyanta menegaskan, dalam rangka meningkatkan kompetensi diri dan keprofesionalan. Disdikpora selalu memberikan keleluasaan bagi guru agar bisa mengikuti pertemuan-pertemuan ilmiah dimana pun selagi masih bisa dijangkau. Menurutnya pertemuan-pertemuan seperti ini biasanya diisi oleh ahli yang sudah mempunyai prestasi, sehingga dengan mengikuti hasil karya mereka dan berpartisipasi fakor dalam memberikan pengalaman tambahan kepada para guru.
“Guru juga dipersilahkan ikut bagian dalam kompetensi-kompetensi ilmiah, seperti kompetensi untuk mendapatkan dan penelitian dari pemerintah pusat, kompetensi pengabdiaan masyarakat, kompetensi desain bangunan tertentu, kompetensi desaian kendaraan bermotor kompetensi inovatif dalam bidang tertentu,” pungkas Agus.
Ditambakannya, ikut serta dalam kompetensi pengembangan diri dan jika berhasil, maka akan memberikan dorongan kuat untuk mengembangkan profesi. Hal juga akan berdampak positif pada cara mengajar peserta didik. (sumber radar sampit, 09 Oktober 2014)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *