BERITA PEMDA

Gaji Naik, Aparat Desa Wajib Tingkatkan Kinerja

Bupati Ujang Iskandar saat Melantik Kepala Desa Karang Mulya

Bupati Ujang Iskandar saat Melantik Kepala Desa Karang Mulya

Setiap desa mendapatkan alokasi anggaran yang besar. Selain itu, para kepala desa dan seluruh perangkat desa akan mendapatkan gaji tetap, tunjangan dan jaminan kesehatan setiap bulan. Hal itu sesuai dengan pasal 66 UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dan Pasal 81, 82 Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan UU Nomor 6 Tahun 2014.
“Ada peraturan baru tentang sistem baru untuk penghasilan kepala desa dan perangkatnya. Dan mereka akan mendapatkan peningkatan penghasilan yang cukup signifikan,” ujar Sekretaris Kecamatan Pangkalan Banteng Edy Faganti kemarin.
Penghasilan tetap kepala desa dan perangkat desa dianggarkan dalam anggaran pendapatan dan belanja desa yang bersumber dari alokasi dana desa (ADD), yang merupakan pendapatan yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN), dan ditransfer melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah Kabupaten/Kota.
Pada Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014, pengalokasian ADD untuk kepala desa dan perangkat desa menggunakan perhitungan sebagai berikut a). ADD yang berjumlah kurang dari RP 500.000.000 digunakan maksimal 60 persen; b). ADD Rp 500 juta – Rp 700 juta digunakan maksimal 50 persen; c). ADD Rp 700 juta – Rp 900 juta digunakan maksimal 50 persen; dan d). ADD diatas Rp. 900 juta gunakan maksimal 30 persen.
Bupati dan Walikota menentapkan besaran penghasilan tetap kepala desa, sekretaris desa paling sedikit 70 persen dari penghasilan kepala desa setiap bulan, perangkat desa paling sedikit 50 persen dari penghasilan tetap kepala desa setiap bulan, itu sebagaimana bunyi pasal 81 ayat (4a,b,c).
Dalam PP 43 Tahun 2014 itu menyebutkan juga tentang tunjangan kepala desa, bahwa selain menerima penghasilan tetap, kepala desa dan perangkat desa menerima tunjangan dan penerimaan lain yang sah, yang dapat bersumber dari APB Desa.
“Dengan peningkatan penghasilan itu, kepala desa dan perangkatnya sudah tidak ada alasan lagi mangkir dalam menjalankan tugas lantaran kesibukan lain di luar tanggung jawabnya sebagai aparat pemerintah desa,” tegasnya. (sumber radar sampit, 13 Agustus 2014)

One comment on “Gaji Naik, Aparat Desa Wajib Tingkatkan Kinerja

  1. Kenapa di sini tidak di share sekalian,berapa besaran rupiah yg d terima kepala desa dan perangkatnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *