BERITA PEMDA

Pemkab Tingkatkan Pencegahan

95682802-aids
Tingginya kasus HIV/AIDS di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) harus segera ditangani secara serius, karena sangat rentan menjangkiti kalangan pelajar yang masih berusia muda. Untuk itu sebagai upaya pencegahan guru disekolah-sekolah juga wajib mensosialisasikan HIV/AIDS kepada anak didiknya.
Bupati Kobar Ujang Iskandar mengatakan tingginya penderita HIV/AIDS sekarang ini penderitanya masih usia muda yakni antara 15 – 24 tahun. Bahkan ada juga penderitanya dibawah 15 Tahun dan kondisi tersebut status penderita juga masih pelajar. Maka sebagai bentuk penangulangannya sosialisasi  ditingkat sekolah juga harus disampaikan.
“Sosialisasi mengenai penyakit HIV/AIDS harus disampaikan sejak dini. Pasalnya penyakit yang juga diakibatkan melalui hubungan intim ini juga sangat beresiko tinggi dan penyampaian paling tepat itu diberikan oleh pendidik yang memiliki kedekatan dengan pelajar,” kata Bupati Kobar.
Disampaikan Bupati, pencegahan komprehensip penyakit tersebut secara bertahap harus ditingkatkan yaitu dari 66 persen menjadi 90 persen tahun 2014. Khususnya bagi penduduk usia 15-24 tahun. Serta dengan semangat yang kuat dan saling bersinergi satu dengan yang lain, maka dapat menghentikanya penularan HIV/AIDS di Bumi Marunting Batu Aji.
“Disamping itu Dinas Kesehatan juga terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar penyakit yang mematikan tersebut dapat diketahui lebih dini. Terlebih dengan pelayanan di Puskesmas juga digratiskan untuk konsultasi masalah HIV/AIDS. Termasuk di rumah sakit untuk konsultasi HIV atau sekedar mengecek penyakit. Serta adanya Kartu Kobar Sehat yang diberikan kepada 65 ribu masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan gratis,” pungkas Bupati Kobar. (sumber radar sampit, 10 Juli 2014)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *